Review #15 lattafa seri Fakhar & sumou, najdia : fakhar black, fakhar gold, fakhar rose




Fakhar Black

“Clean soapy Permen karet & apel hijau”


Parfum ini merupakan dupe/twist YSL Y (cek juga dupe ysl lainnya disini) 


Parfum in dibuka dengan aroma manis bubble gum & apel hijau, bubble gum disini itu mirip lattafa nadjia. sedangkan bau apel nya sintetis tidak realistis baunya seperti perisa rasa rasa apel di permen yang rasa apel hijau, mungkin bau apelnya nya juga mengarah ke produk rumah tangga kayak sabun mandi, cuci piring & pel tapi baunya enak kok.


Setelah itu diikuti aroma aromatik herbaceous rada green, woody & fresh spicy, lalu saya cium ada kayak soapy berbusa gitu (mungkin ini yang membuat saya mikir ke sabun mandi, cuci piring & atau sabun pel ditambah pula dengan note apel diatas jadi semakin kesana) 


Pada saat drydown semua notes diatas menipis, Manis bubblegum nya menipis namun masi tercium manis. dan yang muncul/dominan adalah woody notes dan Clean soapy bubble. 


Parfum ini cocok untuk buat cowo metropolitan. parfum ini definisi work hard play hard. Dipake jalan nongkrong masi masuk & dipake ngantoran juga masi masuk.


SPL nya moderate mendekati beastmode, P nya brisik banget orang dekat saya bisa langsung notice bau nya jadi semprot nya jangan terlalu brutal

Link Pembelian 

Shopee Shopee2

Tokopedia Tokopedia2




Fakhar Gold/Extrait

"Creamy manis Hangat ketemu bunga sedap malam"


Parfum merupakan dupe/twist dari paco rabanne 1 million parfum (cek juga dupe paco rabanne lainnya disini) 


Dibuka dengan aroma pedes hangat dengan undertone bubblegum tuberose yg manis, aroma pedes hangatnya lowkey sekilas seperti jamu minyak oles/urut tradisional (menurut saya loh ya) tapi dia langsung berubah ke warm creamy cardamon vanilla manis dengan undertone spicy rempah jamu.


Setelah itu diikuti tuberose yang "floral"nya tipis dengan undertone bubblegum yg lumayan kuat (atau lebih ke bubblegum dengan sentuhan tuberose?). Floral notenya ini memberikan sentuhan unisex sedikit feminin yg menyeimbangkan si cardamon vanilla jamu yg maskulin di atas


Entah kenapa saya nyium ada vetiver kayak earthy tipis mirip "mugworth" (buat yg suka nyoba skincare korea pasti ngerti mirip missha artemisia essence)


Menuju drydown sensasi jamu nya menghilang warm spicy nya menipis Tonka vanilla nya semakin airy & halus lalu floral & bubblegumnya menipis & semakin airy namun manis di parfum ini masi ada lalu diikuti dengan musk & woody note, woody note nya tipis kayak kayu item yg diperabotan perabotan itu. lalu musknya  halus sedikit Powdery kayak cashmeran (ato emang cashmeran?) & yg anehnya sekilas saya nyium kayak ada cola sarsaparilla 


Kalo kalian suka 1Million bisa banget coba ini, parfum ini unisex cocok digunakan pada malam hari, jalan keluar atau pesta. Spl nya biasa aja memuaskan. 

Link Pembelian 

Shopee Shopee2

Tokopedia Tokopedia2




Fakhar Rose

"Permen bunga Sedap Malam"


Parfum ini katanya merupakan dupe twist dari Givenchy Linterdit  (cek juga dupe brand lainnya disini) 


Dibuka dengan melati sekilas kayak teh melati teh sisri terus diikuti tuberose yang bubblegum Dipersegar dengan citrus & buah yg tipis. Saya sendiri yang suka orange blossom & bisa nyium orange blossom dengan jelas.


Melati di parfum ini terasa ringan Airy, terus si citrus seger nya malah buat saya berpikir aroma seger es teh melati instan (teh gelas/sisri) tapi sekilas aja. Nah setelah melati langsung diikuti dan ditutupi oleh Tuberose yang bubblegum, tuberose nya nga bikin cloying, wangi nya terasa padet berbobot tapi nga sampe eneq & cloying. Lalu ada sentuhan creamy vanila manis juga nempel sama si bubblegumnya.


Citrus & buah di parfum ini dibelakang aja nongol nga menonjol mereka ngasi kesegaran & "brightness". mereka diselimuti oleh white floral yg diatas.


Setelah itu saya nyium orange blossom (nga tau di note nya ada apa kaga tapi saya nyium) orange blossom nya terasa ringan namun ada sisi realistis earthy dirty animalic/indolic.


Menuju drydown Manis nya semakin dominan, Vanilla nya semakin creamy &  bercampur dengan floral yang airy sedangkan bubblegum nya semakin ringan.

Melati & tuberose menjadi airy sejuk & sedikit dingin sejuk(bukan minty ya) Floral nya terasa breezy. Tuberose nya lebih dominan dari melati Lalu diikuti clean musk agak sedikit soapy dengan sentuhan powdery. Si orange blossom disitu aja nongol menipis di tutupi ama si tuberose 


lalu di basenya ada woody earhty vetiver & nilam (nilamnya lebih sedikit tajam). Saya nyium sandalwood creamy juga tapi di note nya nga. tapi mostly TLDR kalian cuman nyiun creamy tuberose manis


Parfum ini cocok digunakan sehari hari arah nya feminin nga girly masi bisa dipake cowok di setting/kondisi yg pas,

spl nya lumayan bagus diatas rata rata. Kalo kalian suka white floral manis bisa coba parfum ini.

Link Pembelian 

Shopee Shopee2

Tokopedia Tokopedia2




Follow Untuk Info terbaru

Channel WhatsApp

 Instagram

Facebook Page




Sumou 

“Seger, bersih, manis, mass pleasing 

Blue fragrance tapi arab”


Parfum ini merupakan dupe/twist Versace Dylan Blue pour homme (cek juga dupe Versace lainnya disini) 


Dibuka dengan aroma seger seperti citrus & buah tapi nga overly citrusy & fruity (bukan parfum citrus & fruity). seger citrus nya terasa sedikit aquatic (nga asin & zesty) seperti tipikal blue fragrance lainnya, lalu diikuti buah seger & manis sintetik bukan buah yg green realistis. Buah nya ada apel ijo & plum dan aroma apel nya sedikit ngingetin sama lattafa fakhar man tapi ini lebih kalem & plum nya ngingetin dna 1 million lucky.  buah di parfum ini terasa pleasing nga overly fruity.


Setelah aroma seger "Blue fragrance" & buah diikuti dengan aromatik & fresh spicy yang tipis kedua accord ini terasa "simple" nga aneh aneh mereka cuman pemeran pembantu aja. Lalu diikuti dengan aroma Manis & woody, manis di parfum ini searah dengan lattafa fakhar man & nadjia tapi lebih kalem & nga terlalu bubblegumy sedangkan woody accord nya terasa airy pleasing namun masi padet, lebih mengarah ke papan kayu harum bukan ke pohon kayu. ada sedikit sensasi kayu kering nya juga tapi nga sampe kering powdery.


Menuju drydown parfum nya menjadi semakin halus aroma seger citrus nya menipis namun sensasi seger nya masi ada dengan tambahan sensasi bersih soapy, buah nya menipis & semakin halus. kesegaran nya semakin terasa seperti "blue fragrance" diikuti dengan aroma Manis yang sangat mass pleasing nga eneq manis tipis airy lebih dominan plum & vanilla lalu diikuti woody accord yg mass pleasing juga, woody nya terasa halus bright & ringan namun masi berbobot.

Sedangkan spicy & aromatic nya berada diantara semua Note/accord diatas di diam kalem namun masi tercium memeriahkan saja sebagai pendukung.


Parfum ini unisex mengarah maskulin tapi nga overly maskulin ya, parfum ini sangat cocok dijadikan signature scent, gampang dipake di segala kondisi & acara dipake sekolah/ngantor masi sopan dipake jalan/pesta masi playfull. Intinya ini mass pleasing spl nya biasa aj (mungkin dibawa fakhar & sekitar nadjia)

Link Pembelian 

Shopee Shopee2

Tokopedia Tokopedia2




Nadjia 

"Aquatic Permen karet"


Parfum ini clone/twist dari paco rabane invictus (cek juga dupe paco rabane lainnya disini) 


Parfum ini dibuka dengan aroma bubble gum/permen karet manis dan citrus. Bau bubble gumnya mirip lattafa Fakhar men (bubble gum nya aj), sedangkan citrus nya cuman ngasi vibe seger/fresh aja, jadi bukan jeruk realistis yang green.


Terus diikuti dengan Lavender & dedaunan yang herbaceous & aromatik lalu diikuti lagi dengan fresh spicy. Ada aquatic notes disini nga asin cuman basah seger tapi ditutupi oleh  sweet bubbe gum nya yang nonjok.


Di drydownnya wangi bubble gum & citrus mulai menipis tapi manis nya masi ada, fresh spicy nya masi ada (menipis)  lalu parfum ini didominasi wangi warm amber & cardamon lalu diikuti wangi clean Musk sedikit woody yang sangat tipis.


Parfum ini fresh sweet  loud & playfull cocok dipake keluar hangout dimana banyak orang. Bau nya maskulin tapi klo cewe mau pake bisa aj 

SPL nya S&P nya bagus kuat dan brisik tapi Longevity nya biasa saja

Link Pembelian 

Shopee Shopee2 shopee3

Tokopedia Tokopedia2


Follow Untuk Info terbaru

Channel WhatsApp

 Instagram

Facebook Page